ULASAN 1 : The Linux File System

Video berjudul “The Linux File System” merupakan video yang dipublikasikan pada tanggal 27 Desember 2014 oleh account Linux Recipe. Video yang berfokus pada struktur file system linux ini berdurasi 5:54 menit. Video ini sudah ditonton sebanyak 77.172 kali dengan 624 penonton menyukai konten video ini. Video ini dapat ditonton melalui link https://youtu.be/vSMriAHpzQM

File system pada Linux berstruktur seperti pohon/tree. Windows menyebutnya folder, sedangkan Linux menyebutnya sebuah directory. Layaknya family tree, directory serta file pada Linux selalu memiliki parent, kecuali root directory yaitu directory paling pertama dan memiliki banyak file serta subdirectories. Root directory ditandai dengan tanda /.

Terdapat dua cara untuk mengakses sebuah file pada directory, yaitu dengan absolute path dan relative path. Absolute path dimulai dengan root lalu diikutii dengan subdirectories berikutnya sampai path file tersebut berada. Contoh dari Absolute path yaitu /home/USER/downloads/pics.jpg. Relative path dimulai dengan posisi directory saat ini. Contohnya, jika kita sedang berada di directory USER, maka file pics.jpg dapat diakses dengan ./downloads/pics.jpg.

Menurut saya, video ini merupakan video yang menarik dan juga interaktif. Seiring dengan penjelasan yang diberikan, Linux Recipe memberikan tampilan visual yang menarik yaitu dengan live drawing. Selain itu, untuk memperjelas kalimat yang diucapkan terdapat subtitle dalam bahasa inggris pada video ini. Walaupun singkat, video ini dapat menyampaikan secara jelas dasar struktur file system Linux.

Akun Github pengulas : Nabillaandini
URL ulasan : http://nabillaaandini.blogspot.co.id/2017/05/ulasan-1-linux-file-system.html
URL video : https://youtu.be/vSMriAHpzQM (5:54)
Video author : Linux Recipe
Pemetaan : week09
Revisi Pertama : 17 Mei 2017
Revisi Terakhir : 17 Mei 2017

Komentar